Saturday, June 27, 2015

Rangkuman Mata Kuliah Perekonomian Indonesia

0

Dalam mata kuliah Perekonomian Indonesia yang saat ini sedang saya ikuti, kali ini saya akan merangkum apa saja yang sudah dibahas dan didapat di mata kuliah ini.

1. Sistem Ekonomi Di Dunia dan Perkembangan Sistem Perekonomian di Indonesia

Sistem perekonomian di dunia ada3 jenis yaitu tradisional, liberal dan campuran. Dari ketiga sistem ekonomi ini masing-masing memiliki ciri-ciri khusus agar mahasiswa mampu membedakan dan paham sistem ekonomi mana yang dianut suatu negara. Karena dalam setiap sistem ekonomi memiliki kekurangan dan kelebihan tinggal bagaimana suatu negara memilih sistem mana yang akan digunakan untuk memajukan negara yang dipimpin.

2. Hambatan Perdagangan Internasional

Setiap negara memiliki perbedaan sumber daya, iklim, letak  geografis, jumlah penduduk dan teknologi. Alasan inilah yang menyebabkan munculnya perdagangan internasional. Dalam perdagangan internasional sering kali mengalami hambatan. Hambatan yang biasanya terjadi disebabkan oleh regulasi dan peraturan pemerintah yang membatasi perdagangan bebas. Contohnya hambatan yang sering terjadi adalah ekspor-impor. Apabila tarif impor tinggi maka barang impor tersebut akan menjadi lebih mahal daripada barang-barang dalam negeri sehingga mengakibatkan masyarakat menjadi kurang tertarik untuk membeli barang impor. Hal itu akan menjadi penghambat bagi negara lain untuk melakukan perdagangan.

3. Hubungan Industrialisasi Dengan Kemiskinan

Pada  bab ini terdapat hubungan yang saling mempengaruhi antara industrialisasi, kemiskinan dan sumber daya alam. Industrialisasi mempengaruhi kemiskinan melalui tingkat pendapatan yang diberikan sektor industri. Kemiskinan mempengaruhi tinggkat penggunaan sumberdaya alam dan proses konservasi sumber daya alam serta lingkungan hidup. Sumber daya alam merupakan sebagai bahan baku dalam Industrialisasi. Dengan berkembangnya jumlah penduduk, perekonomian harus lebih banyak menyediakan barang dan jasa yang merupakan hasil dari industrialisasi agar tidak terjadi kesenjangan ekonomi.

Demikian kesimpulan yang dapat saya sampaikan, semoga tulisan pada blog ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembacanya. Dan terima kasih saya ucapkan untuk dosen yang mengajar ( Bapak Denis ) semoga nilai softskill saya memuaskan. Amin.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com